SSD M.2 Dan 2.5 Mana Yang Lebih Cocok ?

Solid State Drive alias SSD kini menjadi pilihan utama banyak pengguna PC atau laptop sebagai tempat penyimpanan yang ideal untuk sistem operasi. Karena selain mampu memberikan kinerja sistem yang jauh lebih cepat, harga yang ditawarkannya juga kini jauh lebih terjangkau. Hanya saja, terkadang kita suka bingung ketika memilih SSD yang tepat, terutama dalam hal form factor, antara SSD M.2 dan 2.5 “. Pertanyaannya adalah, pilihan mana yang ideal untuk Anda?

ssd m2 samsung nvme

Tentu saja, kedua opsi memiliki kelebihannya sendiri, walaupun faktanya beberapa bentuk faktor M.2 menawarkan tingkat kecepatan yang lebih baik, terutama untuk pilihan produk SSD M.2 yang menghadirkan teknologi NVMe sebagai fitur utamanya. Tetapi dalam hal anggaran, 2,5 “bisa jauh lebih efektif. Nah, untuk detail lebih lanjut dari semua hal ini, mari kita ungkapkan detail di bawah ini. Hal terbaik yang bisa Anda dapatkan, itu bisa menjadi ide yang baik ketika Anda memilih dari dua bentuk faktor SSD yang telah ada di pasaran saat ini.

Memiliki SSD atau Solid State Drive tentu saja merupakan salah satu pilihan wajib yang perlu Anda dapatkan ketika berencana untuk membangun PC atau rig Laptop. Karena, dengan hadirnya perangkat ini, ini akan memberikan kinerja yang sangat cepat untuk memudahkan semua aktivitas pengguna untuk merasa jauh lebih baik.

Dan ketika Anda harus memilih antara dua pilihan SSD dalam hal faktor bentuk, ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat pilihan itu, terutama dalam hal keunggulan dan sisi minus yang ditawarkan antara M.2 SSD dan SSD. dalam bentuk faktor 2,5 “. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat detail masing-masing bentuk faktor SSD di bawah ini.

1. SSD 2.5 “
Solid State Drive yang mengusung bentuk faktor 2,5 “biasanya menjadi banyak keinginan semua kalangan, karena selain memiliki nilai kompatibilitas yang baik (terutama untuk perangkat lama), opsi ini juga biasanya dihadirkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau (terutama bila dibandingkan dengan pilihan faktor M.2).

Kinerja yang ditawarkan oleh 2.5 “SSD juga sangat baik untuk semua kebutuhan kasual pengguna, terutama bagi mereka yang ingin melihat perbedaan nyata dalam kinerja antara SSD dan hard drive konvensional. Selain itu, mereka yang memiliki perangkat lama juga dapat memilih SSD dengan bentuk ini sebagai upgrade penyimpanan selanjutnya dengan cukup mudah, termasuk untuk laptop.

Dan hal terbaik yang ditawarkan oleh SSD dengan faktor 2,5 “adalah nilai portabilitas dan fungsi. Intinya adalah kemudahan menghubungkan dengan perangkat lain, karena antarmuka pada SSD dengan bentuk faktor ini sama dengan opsi penyimpanan hard drive, jadi ini juga bisa menjadi perangkat eksternal tanpa harus repot dengan masalah kompatibilitas.

Hanya saja, SSD 2.5 “biasanya memiliki kinerja di bawah SSD dengan bentuk faktor M.2, terutama jika dibandingkan dengan seri NVMe. Dan yang kurang nyaman dibandingkan SSD dengan bentuk faktor ini adalah bahwa pengguna perlu memiliki ruang ekstra untuk meletakkannya di casing atau ruang ekstra di laptop. Jadi, ini bisa menjadi salah satu minus yang ditawarkan dari SSD 2,5 “, terutama jika Anda ingin meng-upgrade ke laptop pertable atau perangkat notebook kelas lama.

2. M.2 SSD
Untuk M.2 SSD atau sebelumnya dikenal sebagai Next Generation Form Factor (NGFF), pengguna bisa mendapatkan yang terbaik dari seri ini dalam hal kinerja, terutama jika Anda memiliki seri M.2 SSD yang membawa dukungan teknologi NVMe. Antarmuka bus komputer yang disediakan melalui konektor M.2 adalah PCI Express 3.0 (hingga empat jalur), Serial ATA 3.0, dan USB 3.0.

Dan hal terbaik yang dapat diperoleh oleh pengguna ketika memiliki M.2 SSD adalah bentuk desain yang tidak akan mengambil ruang ekstra pada casing atau laptop, ditambah kinerja yang ditawarkannya bisa jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD dengan faktor 2,5 “. Spesifikasi M.2 juga mendukung NVM Express (NVMe) sebagai antarmuka perangkat logis untuk M.2 PCI Express SSD.

Sementara dukungan untuk AHCI memastikan kompatibilitas tingkat perangkat lunak dengan perangkat SATA lama dan sistem operasi lama, NVM Express dirancang sepenuhnya untuk memanfaatkan kemampuan perangkat penyimpanan PCI Express berkecepatan tinggi untuk melakukan banyak operasi I / O secara paralel.

Hanya saja, pilihan SSD dengan bentuk faktor ini biasanya memiliki nilai harga yang cukup mahal, terutama untuk seri NVMe. Anda bahkan perlu menghabiskan hingga jutaan dolar untuk mendapatkan NVMe SSD dengan kapasitas hanya 120GB. Itu tentu bisa menjadi salah satu kendala bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas untuk mendapatkannya.

Selain itu, terkadang nilai kompatibilitas juga bisa menjadi masalah, di mana tidak semua perangkat dapat mendukungnya, terutama jika digunakan sebagai perangkat portabel. Anda mungkin perlu memiliki motherboard modern untuk mendukung M.2 SSD.

author
Author: 
    Hipster-friendly writer. Travel geek. Twitter specialist. Certified music fanatic. Hardcore analyst. Passionate web junkie. Typical reader.
    No related post!